KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model kooperatif tipe group investigasi (GI) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di kelas VII MTsN Pasiripis;
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh model kooperatif tipe group investigasi (GI) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di kelas VII MTsN Pasiripis;

Ina Marlina; - Nama Orang;

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian mengenai model grup investigasi (GI) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Indikator hasil kognitif yang diukur antara lain, Cl (mengingat), C2 (memahami), C3 (mengaplikasikan), C4 (menganalisis), dan C5 (mengevaluasi). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Group Control tidak secara random (Nonrandomized Control Group, Pretest-Posstest Design). Penelitian ini dilaksanakan di MTsN PASIRIPIS dengan sampel penelitian yaitu kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan VII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Untuk data respon siswa diperoleh dari hasil angket. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelas eksperimen 78,88 dan kelas kontrol 63,05. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pengaruh model grup investigasi (GI) terhadap hasil belajar meliputi ranah kognitif diperoleh nilai t-value sebesar 5,395 dan p-value sebesar 0.000. Hasil perhitungan uji t nilai posttest menggunakan SPSS p-value 0,352 > a 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Ini artinya bahwa hasil dari posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model grup investigasi (GI) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan.rn;


Ketersediaan
#
My Library (pendidikan biologi) H1A 229 INA p 2014;
KTI0002205
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
;
No. Panggil
H1A 229 INA p 2014;
Penerbit
SUKABUMI : UMMI;., 2014;
Deskripsi Fisik
x+137hlm;
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
;
Klasifikasi
371.3;
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
;
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Jujun Ratnasari, M.Si ; Pembimbing II: R. Pudjiprianto, S.Pd.G.Dip.Ed;
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?