Text
Pengaruh model kooperatif tipe group investigasi (GI) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di kelas VII MTsN Pasiripis;
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian mengenai model grup investigasi (GI) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Indikator hasil kognitif yang diukur antara lain, Cl (mengingat), C2 (memahami), C3 (mengaplikasikan), C4 (menganalisis), dan C5 (mengevaluasi). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Group Control tidak secara random (Nonrandomized Control Group, Pretest-Posstest Design). Penelitian ini dilaksanakan di MTsN PASIRIPIS dengan sampel penelitian yaitu kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan VII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Untuk data respon siswa diperoleh dari hasil angket. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelas eksperimen 78,88 dan kelas kontrol 63,05. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pengaruh model grup investigasi (GI) terhadap hasil belajar meliputi ranah kognitif diperoleh nilai t-value sebesar 5,395 dan p-value sebesar 0.000. Hasil perhitungan uji t nilai posttest menggunakan SPSS p-value 0,352 > a 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Ini artinya bahwa hasil dari posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model grup investigasi (GI) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan.rn;
Tidak tersedia versi lain