Gambaran Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK Aisyiyah Kota Sukabumi;
Dalam pengambilan judul karya tulis ini dilatarbelakangi oleh data yang didapatkan berdasarkan dari hasil wawancara dengan guru serta kepala sekolah yang mengajar diTK Asyiyah kota Sukabumi mengatakan bahwa anak yang berada dikelas sebanyak 35 siswa A kurang mandiri dalam kegiatan pembelajaran masih dibantu. Kemandirian adalah suatu bentuk kepribadian yang terbebas dari sikap ketergantungan. Tujuan mengetahui kemandirian anak usia Prasekolah di TK asyiyah Kota Sukabumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik total sampling. Intrument dalam penelitian ini menggunakan observasi atau mengamati secara langsung. Hasil penelitian tentang 4 jenis kemandirian hasilnya sama sebagian besar menunjukan baik yaitu 91%, dan kurang 9%, kecuali kemandirian ftsik dan fungsi tubuh yaitu 79 dan kurang yaitu 21%. Kepada pendidik (guru TK) mempertahankan kemandirian anak di sekolah dengan cara lebih memandirikan anak dalam kegiatan pembelajaran dengan memfasilitasi anak ketika belajar di kelas supaya anak dapat mandiri dan terbiasa dalam melakukan kegiatan pembelajaran di dalam kelas sendiri dan tidak tergantung pada guru yang mengajar di kelas. Pada penelitian ini jumlah variabel yang diteliti hanya berfokus pada anak yang rerada di kelas A;
Tidak tersedia versi lain