Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pendengaran;
Radio bergerak di bidang jasa yang memberikan informasi dan hiburan. Radio merupakan salah satu media yang dapat memberikan manfaat secara nyata bagi masyarakat di sekitarnya. Pengelolaan Radio yang terstruktur, terukur, lerencana dan ter-integrasi dapat menghasilkan sebuah media yang berdaya guna bagi para pengelola dan masyarakat pendengarnya. Begitu pula yang dilaukan oleh PT. Menara Buana Swara Indah Sukabumi atau dapat pula disebut Radio Menara FM Sukabumi. Permasalahan yang dihadapi adalah loyalitas pendengar ang kurang baik, hal ini dapat dilihat dari anggapan pendengar yang datang ke acara off air Radio Menara FM yang kurang merekomendasikan acara on air dan jffair Radio Menara FM diduga penyebabnya adalah kepuasan serta relationship --irketing. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya rcngaruh relationship marketing terhadap kepuasan, mengetahui pengaruh Relationship marketing terhadap loyalitas pendengar, mengetahui pengaruh icruasan terhadap loyalitas pendengar, mengetahui pengaruh relationship -r^rketing terhadap kepuasan serta loyalitas pendengar. : ek pada penelitian ini adalah relationship marketing (variabel X), kepuasan inabel Y), serta loyalitas pendengar (variabel Z). metode penelitian yang nranakan adalah survei deskriptif dan asosiatif, yaitu suatu metode yang rrunakan untuk mengukur gejal-gejala yang ada tanpa menyelidiki kenapa :t ia-gejala tersebut ada, sedangkan desain penelitian adalah kasualitas dengan rre penyelidikan verifikatif.rnTekmk analisa data mulai dari penyusunan data, tabulasi data hingga pengujian, zrnk pengujian, karena menggunakan metode analisis verifikatif maka digunakan ---- - lan dengan path analysis dengan persyaratan data sekurang-kurangnya --~.zi data interval.rn: :'i^arkan hasil penelitian diperoleh hubungan variabel relationship marketing aia? kepuasan sebesar 0,073 dan hasil F penelitiannya sebesar 2,769, an pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pendengar sebesar V74 dan hasil F penelitiannya sebaras 2,769, besarnya pengaruh kepuasan c—aiar loyalitas pendengar 0,004 besarnya F penelitian 0,153 dan besarnya ■- ---- relationship marketing dan kepuasan terhadap loyalitas pendengar :e:sama sebesar 0,078 sedangkan sisanya sebesar 0,922 dipengaruhi oleh ttbor lain yang tidak termasuk pada penelitian ini. Dari hasil tersebut dapat a '2i :ahva relationship marketing dan kepuasan tidak dapat mempengaruhi r-endengar, karena jumlah pengaruh diatas tidak signifikan jika di bandingkan dengan uji t-tabel.;
Tidak tersedia versi lain