Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah;
Perusahaan Koperasi Simpan Pinjam Kodanua Sukabumi, merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan, yang menawarkan i5a dalam bentuk simpan pinjam terhadap nasabahnya. Berdasarkan hasil penjajagan yang dilakukan peneliti ditemukan permasalahan pada loyalitas riasabah, diduga penyebabnya adalah kualitas pelayanan yang kurang optimal dalam hal ini keterampilan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah yang berdampak kepada jumlah nasabah atau anggota. Penyebab lain yaitu adanya ketidakpuasan nasabah,yaitu pelayanan yang diberikan karyawan dinilai tidak bank, hal ini dapat dilihat dari sulitnya nasabah mendapat kredit atau pinjaman.rnTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada perusahaan Koperasi Simpan Pinjam Kodanua Sukabumi. Objek pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan (variabel Xi), kepuasan nasabah (variabel), dan loyalitas nasabah (variabel Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan asosiatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan dan dokumentasi.rnTeknik analisa data mulai dari penyusunan data, tabulasi data hingga tahap pengujian. Hasil analisa data menggunakan koefisien korelasi ganda yang diperoleh melalui perhitungan Product Moment Pearson sebesar 0,687 dan hasil perhitungan Kd diperoleh nilai sebesar 69%. Pengujian hipotesis menggunakan tabel F kritisnya yaitu N = 76-2-1=73 adalah 3,122, dan F hitung > F tabel (80,199 > 3,122). Artinya Ho berada di daerah penolakan dan Hi diterima. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah secara bersama-sama terhadap loyalitas nasabah sebesar 69% dan sisanya sebesar 31% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara individual pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah diperoleh nilai sebesar 7% dan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain. Hasil perhitungan analisis pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah sebesar 68% dan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain.rnBerdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah dapat mempengaruhi loyalitas nasabah pada Perusahaan Koperasi Simpan Pinjam Kodanua Sukabumi.;
Tidak tersedia versi lain