0.55 "sedang"). Hasil statistik dengan menggunakan uji z data tersebut menunjukkan bahwa Zhitung 2,11 > Ztabei 1,99, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, kemampuan berpikir kreatif " />
Text
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Materi Kepadatan Populasi
Penelitian yang berjudul " PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI KEPADATAN POPULASI", bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas. Model pembelajaran PjBL ini digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan kelas VII F SMPN 1 Kadudampit yang berjumlah 65 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design yaitu peneliti melakukan perlakuan dalam kegiatan pembelajaran yang berbeda di kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif berbentuk soal uraian sebanyak 4 soal yang diberikan di awal dan akhir pembelajaran serta pemberian angket kepada kelas eksperimen untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran PjBL. Hasil analisis penelitian menunjukan nilai rata-rata Pretest kelas eksperimen sebesar 41 dan kelas kontrol sebesar 36, sementara nilai Posttest kelas eksperimen sebesar 84 dan kelas kontrol sebesar 71. Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu (N-gain sebesar 0.73 "tinggi > 0.55 "sedang"). Hasil statistik dengan menggunakan uji z data tersebut menunjukkan bahwa Zhitung 2,11 > Ztabei 1,99, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, kemampuan berpikir kreatif
Tidak tersedia versi lain