Text
Eksperimentasi Starter Experiment Approach (SEA) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Kelas VIII Pada Praktikum Sistem Ekskresi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan proses sains siswa setelah melakukan pembelajaran praktikum Starter Experiment Approach (SEA) pada kelas eksperimen, dan pembelajaran praktikum konvensional pada kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kota Sukabumi dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran praktikum Starter Experiment Approach (SEA) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa secara signifikan, dilihat dari hasil uji hipotesis bahwa nilai Posttest kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol dimana Zoning = 4,047 dan Z label = 1,99 pada interval kepercayaan 0,05 (5%). Sehingga Hoditolak dan Hi diterima, karena Zhitung> Ztabei Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan keterampilan proses sains setelah dilaksanakan pembelajaran praktikum Starter Experiment Approach (SEA).
Kata Kunci: Starter Experiment Approach (SEA), Keterampilan Proses Sains, Sistem Ekskresi.
Tidak tersedia versi lain