ttabei- Pada angket presentase menunjukan bahwa 84.3% siswa sangat setuju terhadap pernyataan positif dan 78.3% siswa tidak setuju terhadap pernyataan negatif. Simpulan dari penelitian bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil kognitif siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis komputer sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Multimedia Interaktif Berbasis Komputer, Hasil Kognitif, Respon, Ekosistem, Pelestarian Keanekaragaman Hayati" />
Text
Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Terhadap Hasil Kognitif Siswa Pada Materi Ekosistem Dan Pelestarian Keanekaragaman Hayati
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Penggunaan Mulitmedia Interaktif Berbasis Komputer Terhadap Hasil Kognitif Siswa Pada Mated Ekosistem dan Pelestarian Keanekaragaman Hayati" yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis komputer terhadap hasil kognitif siswa pada mated ekosistem dan pelestarian keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, teknik pengeambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kadudampit Kab. Sukabumi, dengan sampel penelitian yaitu kelas VII G sebagai kelas kontrol dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dijaring menggunankan instrumen tes (pilihan ganda), tes ini digunankan untuk melihat kemampuan kognitif siswa dan instrumen non tes (angket) digunakan untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis komputer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis komputer berpengaruh terhadap hasil kognitif siswa secara signifikan, dilihat dari uji hipotesis bahwa nilai posttest kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol dimana thitung= 3.40 dan ttabei= 2.01 pada interval kepercayaan 0,05 (5%), sehingga Ho tolak dan Hi diterima, karena thitung > ttabei- Pada angket presentase menunjukan bahwa 84.3% siswa sangat setuju terhadap pernyataan positif dan 78.3% siswa tidak setuju terhadap pernyataan negatif. Simpulan dari penelitian bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil kognitif siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis komputer sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : Multimedia Interaktif Berbasis Komputer, Hasil Kognitif, Respon, Ekosistem, Pelestarian Keanekaragaman Hayati
Tidak tersedia versi lain