Text
Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Materi Pelajaran Biologi (Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 9 Kota Sukabumi)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada mata pelajaran biologi yang dilakukan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan sampel dua kelas yaitu pada kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C dijadikan kelas kontrol yang ditentukan secara purposive. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang menentukan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan memberikan soal berupa pretest dan postest serta data respon yang dilakukan melalui angket terhadap perlakuan model pembelajaran sinektik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang memakai model pembelajaran sinektik dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Perbedaan tersebut terlihat pada hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji Z yaitu dengan nilai Zhiumg = 0,18 dan Ztabci = 1,99 dengan hasil tersebut Zoning < Ztabei = 0,18 < 1,99 maka Ho diterima. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada kedua kelas tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
Kata kunci: Sinektik dan kemampuan berpikir kreatif.
Tidak tersedia versi lain