Text
Analisis Struktur Kognitif Siswa SMP Boarding School Menggunakan Model Learning Cycle 7E Pada Materi Sistem Pernapasan
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis struktur kognitif siswa dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Khalifah Boarding School Kabupaten Sukabumi dengan subjek penelitian kelas VIII dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu soal peta konsep dan teknik drawing-writting yang digunakan untuk mengetahui gambaran dari ketiga aspek struktur kognitif. Soal peta konsep dan rubrik yang disusun berdasarkan Dahar (1989), sedangkan soal teknik drawing-writing disusun berdasarkan teknik pengukuran struktur kognitif menurut Tsai (2002). Ketiga aspek struktur kognitif diukur dalam penelitian ini meliputi: l)Aspek Concept, 2)Aspek Connection, dan spek Information processing skills. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa struktur kognitif yang dimiliki siswa setelah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi sistem pernapasan secara keseluruhan adalah 76,45% dengan kategori baik. Ketiga aspek struktur kognitf yang dimiliki siswa sudah optimal setelah pembelajaran dengan â– enggunakan model pembelajaran learning cycle 7E yang ditampilkan melalui rata-rata skor dari ketiga aspek struktur kognitif. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menunjukan respon yang positif, terbukti dengan persentase dari setiap angket respon siswa yang menunjukan hampir seluruh siswa suka terhadap model pembelajaran, materi pembelajaran dan merasa semangat belajar.
kjta kunci: Struktur kognitif, model pembelajaran learning cycle 7E.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain