Text
Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi dengan subjeck penelitian berjumlah 60 siswa (30 siswa dikelas eksperimen (VII A) dan 30 siswa dikelas kontrol (VII H)). Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest berbentuk multiple choice sebanyak 20 soal, dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media. Audio-Visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Audio-Visual berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil perhitungan uji t menunjukan thitung 2 > ttabei 0,960 karena thitung > fabei, maka perbedaan rata-rata dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Audio-Visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Respon siswa kelas eksperimen terhadap penggunaan model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Audio-Visual menunjukan bahwa siswa merespon positif terhadap penggunaan model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Learning Cycle 5e, Audio-Visual
Tidak tersedia versi lain