Text
Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Terpadu 1 Yaspida Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya daya tulis siswa dalam menulis sebuah teks negosiasi sehingga siswa kesulitan dalam menyesuaikan judul dengan isi teks, bahasa yang digunakan siswa tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang ada, dan tanda baca yang digunakan oleh siswa kurang sesuai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran secara objektif tentang ada tidaknya perbebedaan yang signifikan anatara kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi sebelum dan sesudah diberikan peiiakuan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimen dengan metode penelitian one group pretest and posttest design. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa dengan teknik penentuan sampel secara acak hanya mengambil satu kelas saja tanpa adanya kelas kontrol. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah observasi, dokumentasi,tes dan angket Adapun hasil penelitian nilai rata-rata siswa saat me lakukan pretest sebesar 55 sedangkan setelah pelaksanaan posttest sebesar 79. Hasil ini menunjukkan, adanya perbedaan signifikan yang terjadi terhadap hasil pretest dan posttest yang dilakukan. Sclanjutnya berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian statistik dengan uji -t terhadap nilai pretest dan posttest siswa diperoleh hasil bahwa hasil thmmg sebesar 507,27 dan hasil ttabel 1,703, itu berati bahwa jumlah t hmmg lebih besar dari ttabei. Maka Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi.
Kata Kunci: Menulis, Teks Negosiasi, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray
Tidak tersedia versi lain