Text
Pengaruh Model Pembelajaran Taktis Dan Model Pembelajaran Berbasis Bermain Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Siswa Di SMP Negeri 14 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2015/2016
YUANITA HARTATI, NEVI: 063181211010. Pengaruh Model Pembelajaran Taktis dan Model Pembelajaran Berbasis Bermain terhadap Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Siswa di SMP Negeri 14 Kota Sukabumi
Penelitian berfokus pada pengaruh penggunaan model pembelajaran taktis dan model pembelajaran berbasis bermain terhadap keterampilan passing bawah bolavoli di SMP Negeri 14 Kota Sukabumi, karena sesuai dengan fakta dilapangan bahwa siswa banyak yang belum menguasai keterampilan passing bawah bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran taktis terhadap keterampilan passing bawah bolavoli di SMP Negeri 14 Kota Sukabumi. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis bermain terhadap keterampilan passing bawah bolavoli d SMP Negeri 14 Kota Sukabumi. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran taktis dan model pembelajaran berbasis bermain terhadap keterampilan passing bawah bolavoli di SMP Negeri 14 Kota Sukabumi.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah eksperimen, dengan variabel bebas (XI) model pemebelajaran taktis, variabel bebas (X2) model pembelajaran berbasis bermain dan variabel terikatnya (Y) keterampilan passing bawah bolavoli. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII sebanyak 255 siswa, dan sampel sebanyak 40 orang yaitu seluruh siswa kelas VIII D. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu forearm pass test, yaitu tes untuk mengetahui keterampilan passing bawah bolavoli. Instrumen tes ini memiliki nilai validitas 0,85 dan reliabilitas 0,45 dengan melalui uji prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas dengan teknik analisis data menggunakan uji T Test pada taraf sigifikan 0,05 program SPSS versi 22.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran taktis terhadap keterampilan passing bawah bolavoli siswa di SMP Negeri 14 Kota Sukabumi. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hitung XI terhadap Y 81 > 73. Maka H0 ditolak, dan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran berbasis bermain terhadap keterampilan passing bawah bolavoli siswa di SMP Negeri 14 Kota Sukabumi. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hitung X2 terhadap Y 76 > 72. Maka Ho ditolak, dan Ha diterima. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran taktis dan model pembelajaran berbasis bermain terhadap keterampilan passing bawah bolavoli siswa di SMP Negeri 14 Kota Sukabumi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) pada SPSS yaitu 0,167. Dimana 0,05 < dari 0,167 maka Ho diterima, dan Ha ditolak.
Kata Kunci: model pembelajaran taktis dan model pembelajaran berbasis bermain, keterampilan passing bawah bolavoli.
Tidak tersedia versi lain