Text
Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Kelas IX A Di SMPN 1 Kadudampit Kabupaten Sukabumi Tahun 2016
Vera Deliana Rahayu, 0630181211050. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli di SMPN 2 Kadudampit Kabupaten Sukabumi Tahun 2016. Skripsi. 2016. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Pembimbing I Bachtiar, M.Pd Pembimbing II Wening Nugraheningsih, M.Pd).
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui "pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas IX A di SMPN 1 Kadudampit Kabupaten Sukabumi".
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif melalui pendekatan pra-experimen desain one group pre test post test design, dalam desain ini tidak ada kelompok kontrol, dan sampel tidak ditentukan secara acak. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 245 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 31 siswa di kelas IX A. instrument pengumpulan data berupa tes keterampilan servis bawah bolavoli menggunakan rubrik penilaian.
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik parametrik yaitu rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan taraf kesalahan (a) 0,05, untuk menentukan adanya pengaruh atau tidak antar variabel X (bebas) model pembelajaran langsung terhadap Y (terikat) hasil belajar servis bawah bolavoli.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli. Uji-t pada hasil penilaian keterampilan servis bawah mendapatkan t-hitung sebesar, (19,55) lebih besar dari pada t-tabel (2,68) pada taraf nyata (oc) 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 8,52 atau sebesar 11,99% dari 71,04 menjadi 79,56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran langsung siswa kelas IX A di SMPN 1 Kadudampit Kabupaten Sukabumi.
Tidak tersedia versi lain