Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah PAda Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT Nurul Ummah Kota Sukabumi
ABSTRAK
Koperasi simpan pinjam BMT Nurul Ummah Kota Sukabumi merupakan salah satu lembaga keuangan yang bergerak dibidang simpan pinjam yang berpoiakan syariah, koperasi BMT Nurul Ummah membantu dan memberikan pelayanan yang prima kepada nasabahnya seperti halnya memberikan pinjaman dengan mudah dan dengan berpoiakan pinjaman syariah Permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi simpan pinjam BMT Nurul Ummah Kota Sukabumi adalah diduga adanya permasalah Diduga Permasalaha karena komitmen untuk setia kepada perushaan dan sikap positif nasabah kepada perusahaan menurun sehingga menyebabkan banyaknya nasabah yang keluar. Penyebab permasalahan lain diduga dikarenakan pelayanan yang diberikan kurang memuaskan yang dimana para pegawainya kurang berkompeten untuk memberikan informasi yang benar kepada nasabah serta kurangnya pengertian terhadap para anggota dan kurang tanggapnya karyawan koperasi BMT Nurul Ummah dalam menangani keluhan dari nasabahnya selain itu, permasalahan ini diduga disebabkan karena citra perusahaan kurang dikenal masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat kepada BMT nurul ummah menjadi kurang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan (variabel XI), Citra perusahaan (variabel X2) terhadap Loayalitas Nasabah (variabel Y). metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi dan studi kepustakaan.
Teknik analisa data menggunakan koefisien korelasi ganda yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel XI, X2, terhadap Y secara bersama-sama, koefisien determinasi untuk mengetahui besar pengaruh, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis F.
Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil analisa menunjukan bahwa analisis korelasi product moment dihasilkan sebesar 0,627. Adapun koefisien regresi untuk kualitas pelayanan sebesar 0,619 lebih besar dari pada koefisien regresi untuk citra perusahaan sebesar 0,381. Koefisien determinasinya sebesar 39,3% sedangkan sisanya 60,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk pada penelitian ini. Hasil perhitungan Uji Hipotesis F hitung > F tabel yaitu 31.378>3,12. sehingga Hc ditolak dan Hi diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kualitas pelayanan. Oleh karena itu perusahaan harus lebih memaksimalkan kualitas pelayanan dan citra perusahaan agar loyalitas nasabah dapat meningkat
Kata Kunci: kualitas pelayanan, citra perusahaan, loyalitas nasabah.
Tidak tersedia versi lain