Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasisi Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Problem Solving Peserta Didik SMP Negeri 9 Kota Sukabumi;
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penerapan model ^embelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan problem solving peserta didik pada materi pencemaran air. Subjek dalam penelitian ini adalah a SMP Negeri 9 Kota Sukabumi kelas VII A dengan jumlah 39 peserta didik ^emester genap 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian two group pretest-postest design. Untuk menjaring dan mengetahui kemampuan problem solving peserta didik digunakan instrumen berupa tes dengan menggunakan indikator problem solving dalam bentuk uraian serta angket respon nswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan problem solving untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan problem solving peserta didik. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil data rata-rata nilai belajar peserta didik di kelas kontrol dan eksperimen menunjukan kelas kontrol dengan N-gain 0,60 dan kelas eksperimen N-gain 0,71. Juga dapat dilihat dari hasil perhitungan uji signifikan thitung Sebesar 1.22 dan untuk dalam taraf signifikan 0,05 (5%) dengan dk - 76, diperoleh ttabei sebesar 1.99 dari hasil uji statistik menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan problem solving peserta didik.;
Tidak tersedia versi lain