KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasisi Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Problem Solving Peserta Didik SMP Negeri 9 Kota Sukabumi;
Penanda Bagikan

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasisi Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Problem Solving Peserta Didik SMP Negeri 9 Kota Sukabumi;

Ika Siti Rikayah - Nama Orang; Neng Siti Maryam; - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penerapan model ^embelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan problem solving peserta didik pada materi pencemaran air. Subjek dalam penelitian ini adalah a SMP Negeri 9 Kota Sukabumi kelas VII A dengan jumlah 39 peserta didik ^emester genap 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian two group pretest-postest design. Untuk menjaring dan mengetahui kemampuan problem solving peserta didik digunakan instrumen berupa tes dengan menggunakan indikator problem solving dalam bentuk uraian serta angket respon nswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan problem solving untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan problem solving peserta didik. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil data rata-rata nilai belajar peserta didik di kelas kontrol dan eksperimen menunjukan kelas kontrol dengan N-gain 0,60 dan kelas eksperimen N-gain 0,71. Juga dapat dilihat dari hasil perhitungan uji signifikan thitung Sebesar 1.22 dan untuk dalam taraf signifikan 0,05 (5%) dengan dk - 76, diperoleh ttabei sebesar 1.99 dari hasil uji statistik menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan problem solving peserta didik.;


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Biologi) HIA 140
KTI0000230
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
;
No. Panggil
H1A 162 NEN p 2014;
Penerbit
Mulyorejo : UMMI;., 2014;
Deskripsi Fisik
xiv+103hlm.;
Bahasa
ISBN/ISSN
;
Klasifikasi
371.36;
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
;
Subjek
Kemampuan Berpikir Kritis
Problem Solving
Student Team Achiebement Division(STAD)
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
Kemampuan Problem Solving;
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Sistiana Winyariani, M.Pd Pembimbing II : Billyardi Ramdhan, S.Pd;
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?