Text
Pengaruh Promosi Dan Distribusi Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Kujang Marinas Utama Sukabumi
CV. Kujang Marinas Utama Sukabumi merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang distribusi baik distribusi produk makanan dan minuman, produk kecantikan maupun produk-produk kebutuhan lainnya, Produk-produk terbaik dari pemasok terbaik seperti PT. Unilever Indonesia,Tbk dan PT. Mayora Indah,Tbk merupakan sasaran utama distribusi perusahaan dimana semua produk dapat dikonsumsi dengan item barang yang variatif. Permasalahan yang ditemukan pada CV. Kujang Marinas Utama adalah permasalahan pada kepuasan pelanggan khususnya pada kualitas pelayanan yang kurang maksimal yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini diduga disebabkan oleh promosi khususnya dipromosi penjualan, adapun penyebab lainnya yaitu diduga disebabkan oleh distribusi fisik yang sering mengalami keterlambatan barang khususnya dipengangkutan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui promosi yang dilakukan oleh CV. Kujang Marinas Utama Sukabumi, untuk mengetahui distribusi Fisik yang dilakukan oleh CV. Kujang Marinas Utama Sukabumi, untuk mengetahui Kepuasan Pelanggan terhadap CV. Kujang Marinas Utama Sukabumi dan untuk mengetahui besarnya pengaruh Promosi dan Distribusi Fisik terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV. Kujang Marinas Utama Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriprif dan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa diperoleh besarnya pengaruh promosi dan distribusi fiksik terhadap kepuasan pelanggan secara bersama-sama sebesar 30,8% sedangkan sisanya sebesar 69,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.
Selanjutnya, untuk uji hipotesis diperoleh F hitung sebesar 16.653. Nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan F tabel sebesar 2.37 (16.653 > 2.37), yang artinya hasil pengujian hipotesis tersebut terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikatnya.
Kata kunci: Promosi, Distribusi Fisik, Kepuasan Pelanggan
Tidak tersedia versi lain