Penerapan Learning Cycle (7E) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-F SMP Negeri 6 Kota Sukabumi;
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan suasana kelas yang kurang kondusif saat proses pembelajaran berlangsung. Model learning cycle 7E digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII-F di SMPN 6 Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data secara deskriftif hasil penelitian membuktikan bahwa adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif dengan presentase prasiklus sebesar 38,10%, siklus I 62,16% dan siklus II 88,10%). Hasil belajar Afektif meningkat sebesar 5%, hasil belajar psikomotor meningkat sebesar 19%. Dengan demikian, maka model pembelajaran learning cycle 7E dapat meningkatkan haisl belajar peserta didik dalam pembelajaran IP A.;
Tidak tersedia versi lain