Text
Meningkatkan Hasil Belajara Kognitif Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Dengan Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing;
Telah dilakukan penelitian yang berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Dengan Penggunaan Model pernbelajaran Inkuiri Terbimbing" (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cidadap). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keaktifan siswa selian itu untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model Inkuiri Terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Cidadap Kabupaten Sukabumi dengan siswa kelas VIII A sebagai kelas yang memiliki masalah berupa hasil belajar yang kurang memuaskan. Permasalahan tersebut dapat diakibatkan karena 1) Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran biasanya yaitu dengan metode ceramah. Penggunaan metode ceramah menyebabkan proses pembelajaran hanya bersifat satu arah sehingga menyebabkan hanya sedikit siswa yang memperhatikan ketika guru menerangkan. 2) Penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif karena hanya menuntut siswa untuk menghafal dan kurang menggunakan variasi model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa sehingga menyebabkan siswa memiliki sifat pasif dalam proses pembelajaran dan kemampuan psikomotoriknya tidak berkembang. Penelitian dilakukan selama dua siklus tindakan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Instrumen untuk mengukur keaktifan siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran digunakan lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Untuk mengetahui respon siswa digunakan angket respon siswa. Hasil penelitian pada siklus I nilai pre¬test yang diperoleh siswa yaitu 32.38 dan nilai post-test 53.96. Pada siklus II hasil yang diperoleh siswa menunjukan peningkatan nilai pre-test yang diperoleh siswa yaitu 47.6 dan nilai post-test siswa pada siklus II ini yaitu sejumlah 76.45 dan telah mencapai KKM IPA yang ditentukan dengan nilai 70. Keaktifan siswa pada siklus I yaitu 72.41% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjedi 80.35% . Respon siswa pada siklus I yaitu 80.08% dan pada siklus II 83.82%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keaktifan siswa. Sebagai bahan rekomendasi
Tidak tersedia versi lain