Ttabei (ao,05) = 2.00 , sedangkan data posttest menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh Thimng 30.487 > Ttabei (O0.05) = 2.00. Pembelajaran renang siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menunjukkan hasil yang lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung di SMP Negeri 15 kota Sukabumi." />
Text
Perbandingan Model Pembelajaran Langsung Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pembelajaran Renang Siswa Kelas VII di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi
Skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi, pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung akan tetapi siswa kurang mendapat perhatian dari guru pada saat pembelajaran sedang berlangsung. ada pula siswa yang tidak mengikuti pembelajaran renang dikarenakan tidak bisa berenang dan takut tenggelam dan lebih memilih untuk berdiam diri di samping kolam. Untuk itu penulis menawarkan solusi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pembelajaran renang siswa di SMP Negeri Kota Sukabumi. Penelitian ini betujuan untuk membandingkan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran koopertif tipe jigsaw terhadap pembelajaran renang siswa di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen design dengan jenis penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan "Pretest Postlest Control Group Design". Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Sukabumi yang berjumlah 342 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B yang berjumlah 38 siswa diajar menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas VII G yang berjumlah 38 siswa diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi. Teknik pengumpulan data menggunakan RPP yang disesuaikan dengan kurikulum yang ada disekolah tersebut dengan memperhatikan penilaian yang terdiri dari aspek psikomotor, aspek kognitif dan aspek afektif.
Hasil Parameter yang diukur adalah hasil belajar dengan data posttest menggunakan Uji- T dengan taraf 5 % dan diperoleh data dari menggunakan model pembelajaran langsung Thimng 14.649 >Ttabei (ao,05) = 2.00 , sedangkan data posttest menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh Thimng 30.487 > Ttabei (O0.05) = 2.00. Pembelajaran renang siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menunjukkan hasil yang lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung di SMP Negeri 15 kota Sukabumi.
Tidak tersedia versi lain