Text
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPA 4 SMAN 1 Surade yang berjumlah 78 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental, dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kreatif untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa berbentuk soal uraian sebanyak 10 soal yang diberikan di awal dan di akhir pembelajaran. Angket diberikan di kelas eksperimen untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 45,16 dan nilai posttest sebesar 80,37, sedangkan nilai pretest di kelas kontrol sebesar 39,90 dan nilai posttest sebesar 75,00. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa t hitung 5,99 > t tabel 1,99 maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning,Kemampuan Berpikir Kreatif.
Tidak tersedia versi lain