KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Eka Mustika - Nama Orang;

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPA 4 SMAN 1 Surade yang berjumlah 78 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental, dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kreatif untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa berbentuk soal uraian sebanyak 10 soal yang diberikan di awal dan di akhir pembelajaran. Angket diberikan di kelas eksperimen untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 45,16 dan nilai posttest sebesar 80,37, sedangkan nilai pretest di kelas kontrol sebesar 39,90 dan nilai posttest sebesar 75,00. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa t hitung 5,99 > t tabel 1,99 maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.



Kata Kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning,Kemampuan Berpikir Kreatif.


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Biologi) H1A 319 EKA p 2017
KTI0003786
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1A 319 EKA p 2017
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2017
Deskripsi Fisik
xi+185Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemampuan berpikir kreatif
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Suhendar, M.Pd Pembimbing II : Aa Juhanda, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?