Text
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Di SMP Negeri 7 Kota Sukabumi Dengan Menggunakan Model Pembelajarn talking Stick Pada Mata Pelajaran Ipa;
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Talking Stick dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran berlangsung sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 7 Kota Sukabumi yang berjumlah 29 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest berbentuk multiple choice sebanyak 20 soal, dan angket untuk mengetahui motivasi siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan analisis data secara deskriptif hasil penelitian membuktikan bahwa adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa dengan presentase pada prasiklus terhitung 10 orang siswa dari 29 orang memperoleh nilai diatas KKM 75 sebesar 34,48 %, pada Siklus I terhitung 17 orang siswa memperoleh nilai >75 sebesar 58,63 %. Pada siklus II terhitung 26 orang siswa memperoleh nilai >75 sebesar 89,66 %. Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 7 Kota Sukabumi.;
Tidak tersedia versi lain