tabei maka terdapat perbandingan secara signifikan. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan modul digital interaktif berbasis aplikasi adobe flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Modul Digital Interaktif Adobe Flash, Simulasi Digital" />
Text
Penggunaan Modul Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Aplikasi Adobe Flash Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa (studi kasus pada mata pelajaran simulasi digital kelas X SMKN 1 Cibadak)
Shifa Fandini Ruswandi, NIM: 3171311009 "PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL SMK NEGERI 1 CIBADAK)" Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh Penggunaan modul pembelajaran digital interaktif berbasis aplikasi adobe flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya kreatif dalam penggunaan media pembelajaran yang dilaksakan pada proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah kelas Xc2 dan Xa2 SMKN 1 Cibadak yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan desain penelitian One-Shot Case Study, yaitu peneliti melakukan perlakuan dalam kegiatan pembelajaran yang berada didalam kelas dan di lab SIMDIG yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data test tulis dan praktik untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk essay dengan 1 pertanyaan soal diberikan di akhir pembelajaran serta angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media yang digunakan. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan modul pembelajaran digital interaktif berbasis aplikasi adobe flash. Hasil perhitungan statistic dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 (5%) diperoleh tuning sebesar 1,94 dan ttabci sebesar 1,67. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diterima adalah Hi karena apabila tuning > tabei maka terdapat perbandingan secara signifikan. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan modul digital interaktif berbasis aplikasi adobe flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Modul Digital Interaktif Adobe Flash, Simulasi Digital
Tidak tersedia versi lain