KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Disertai Metode Menggambar Beranotasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Daur Biogeokimia (siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cisaat)
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Disertai Metode Menggambar Beranotasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Daur Biogeokimia (siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cisaat)

Nurhayati - Nama Orang;

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM disertai metode menggambar beranotasi terhadap pemahaman konsep siswa pada materi daur biogeokimia yang dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cisaat. Penelitian ini merupakan penilitian eksperimen yang menggunakan sampel dua kelas yaitu pada kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 dijadikan kelas kontrol yang ditentukan secara purposive. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penjaringan data pemahaman konsep siswa di lakukan dengan pemberian soal berupa pretest dan postest serta dilakukan wawancara untuk mengetahui respon siswa terhadap model dan metode pembelajaran. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran PAIKEM dengan metode menggambar beranotasi) dan kelas kontrol (menggunakan model konvensional dengan media video). Perbedaan tersebut terlihat pada hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji Z yaitu dengan nilai Zoning = 5,04 dan Ztat>ei= 1,99 dengan hasil tersebut Zhitung> Ztabei= 5,04 > 1,99 maka Hi diterima. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

Kata kunci: PAIKEM, gambar beranotasi, pemahaman konsep


Ketersediaan
#
GUDANG (Pendidikan Biologi) H1A 244 NUR p 2016
KTI0003277
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1A 244 NUR p 2016
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2016
Deskripsi Fisik
viii+150Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Paikem
Gambar Beranotasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Billyardi Ramadhan, S.Pd. M.Si Pembimbing II : Dr.Hj.Himatul Aliyah.M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?