Text
Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Disertai Metode Menggambar Beranotasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Daur Biogeokimia (siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cisaat)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM disertai metode menggambar beranotasi terhadap pemahaman konsep siswa pada materi daur biogeokimia yang dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cisaat. Penelitian ini merupakan penilitian eksperimen yang menggunakan sampel dua kelas yaitu pada kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 dijadikan kelas kontrol yang ditentukan secara purposive. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penjaringan data pemahaman konsep siswa di lakukan dengan pemberian soal berupa pretest dan postest serta dilakukan wawancara untuk mengetahui respon siswa terhadap model dan metode pembelajaran. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran PAIKEM dengan metode menggambar beranotasi) dan kelas kontrol (menggunakan model konvensional dengan media video). Perbedaan tersebut terlihat pada hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji Z yaitu dengan nilai Zoning = 5,04 dan Ztat>ei= 1,99 dengan hasil tersebut Zhitung> Ztabei= 5,04 > 1,99 maka Hi diterima. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.
Kata kunci: PAIKEM, gambar beranotasi, pemahaman konsep
Tidak tersedia versi lain