Text
Pengaruh Penggunaan Strategi Genius Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 4 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2016/2017
Salah satu usaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang dapat dilakukan yaitu dengan adanya penggunaan Startegi pembelajaran yang diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh strategi genius learning keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan penerapan, pengaruh dapat dilihat secara proses pembelajaran. subjek penelitian adalah kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang berhubungan dengan hitungan pengumpulan data melalui instrumen penelitian. Desain dalam penelitian ini yaitu One Grouf Pretest Posttest Desaign. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Ngeri 4 Kota Sukabumi. Dengan sampel penelitian kelas X IPA 3 dan X IPA 4 yang berjumlah 79 siswa. pengambilan sampel ini menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik di antaranya tes, observasi, dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Genius Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi. Hal tersebut dilihat dari hasil nilai rata-rata pretest siswa yaitu 68, sedangkan setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest siswa 84.20. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi genius learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi.
Kata kunci: Strategi genius learning, menulis, teks anekdot.
Tidak tersedia versi lain