Text
Aplikasi Pendaftaran Pasien (studi kasus di Klinik Bunda Rahma Alfurqon)
Klinik Bunda Rahma Alfurqon merupakan salah satu tempat penyedia layanan kesehatan masyarakat. Klinik Bunda Rahma Alfurqon ini melayani dua kategori pasien, yaitu pasien umum dan pasien perusahaan. Klinik Bunda Rahma Alfurqon menyediakan pelayanan yaitu pelayanan dokter umum dan dokter gigi dengan jadwal praktek yang berbeda. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat masalah-masalah yang timbul di Klinik Bunda Rahma Alfurqon tersebut. Salah satunya adalah pengolahan dan pengelolaan data pasien. Proses pendaftaran pasien baru masih dilakukan secara manual yaitu dengan menulis data pasien baru ke dalam sebuah buku yang disebut daftar kunjungan pasien, kemudian membuat kartu berobat dengan menuliskannya pada selembar kertas yang dilakukan oleh petugas bagian administrasi, dan seringnya kehabisan stok obat pada saat pasien akan melakukan penebusan obat dikarenakan tidak adanya data obat masuk dan keluar, dan kesulitan memilah data pada kunjungan pasien, diagnosa, stok obat masuk dan keluar, tindakan, pasien rujukan, pasien rawat jalan dan rawat inap, data kamar, saat pembuatan laporan bulanan. Peneliti bertujuan untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi Klinik Bunda Rahma Alfurqon tersebut, yaitu dengan membuat Aplikasi mulai dari pendaftaran pasien, Diagnosa, data obat masuk dan keluar, data peralatan steril dan tidak steril, data rawat inap dan rawat jalan, data tindakan, pasien rujukan, dan rekap laporan bulanan. Dengan pembuatan aplikasi ini diharapkan klinik bunda rahma alfurqon memiliki penyimpanan data yang lebih baik dan dapat membantu Klinik Bunda Rahma Alfurqon dalam meningkatkan pelayanan kesehatan serta kinerja di bagian administrasi sebagai pengolah data pasien.
Kata kunci: Aplikasi, Pendaftaran pasien
Tidak tersedia versi lain