Text
Analisis Hubungan Beban Kognitif Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sub Materi Pencemaran Tanah
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan siswa SMP dalam menulis argumentasi yang bersumber pada argumentasi TAP (Toulmin's Argumentation Pattern) pada pokok bahasan pemanasan global. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII H di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97,05% argumen siswa dikategorikan sebagai data/dasar (grounds), 94,11% dikategorikan sebagai pendirian klaim (claim), 85,29% dikategorikan sebagai dasar kebenaran/jaminan (warrant), 81,13% dikategorikan sebagai dukungan (backing), 44,11% dikategorikan sebagai kualifikasi (qualifers), dan 52,94% dikategorikan sebagai sanggahan (rebuttal). Kualitas argumentasi siswa mayoritas berada pada level 1 dan minoritas pada level 2. Untuk respon siswa yang dijaring melalui angket menunjukkan respon yang baik. Kemampuan siswa dalam menulis argumentasi sangat dipengaruhi oleh banyak hal termasuk dari pemahaman siswa. Rata kunci: Menulis Argumentasi, TAP (Toulmin's Argumentation Pattern), Pemanasan Global
Tidak tersedia versi lain