Text
Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Picture and Picture dan Numbered Head Together terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2015/2016
PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEk> SISWA KELAS X SMA NEGERI3 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
ALFATH NURIKHSAN1 063131211031
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya daya imajinasi siswa sehingga siswa sulit menuangkan ide, pikiran ataupun gagasannya secara tertulis dalam menulis teks prosedur kompleks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran secara objektif tentang ada tidaknya perbedaan yang signiflkan antara kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Picture and Picture dan Numbered Head Together. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimen semua jenis preexperimental dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa dengan teknik penentuan sampel simple random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah tes. wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa saat pelaksanaan pretest sebesar 56,71 sedangkan setelah pelaksanaan posttest sebesar 79.74. Hasil ini menunjukkan, adanya perbedaan signiflkan antara hasil pretest dan posttest. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan dalam pengujian statistik dengan uji -t terhadap nilai pretest dan posttest siswa diperoleh hasil bahwa jumlah thitUng sebesar 29.780 dan Wi sebesar 1.697, itu berarti bahwa jumlah thhung > Wjei, maka Ho ditolak dan H| diterima. Dengan demikian, hal ini menunjukan bahwa penggunaan kolaborasi model pembelajaran Picture and Picture dan Numbered Head Together berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks, Kolaborasi Model Pembelajaran Picture and Picture dan Numbered Head Together.
Tidak tersedia versi lain