Text
Pengaruh Promosi dan Respon Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Honda pada PT. Tunas Dwipa Matra Cabang Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi
ABSTRAK
PT. Tunas Dwipa Matra Cabang Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang dan jasa. Salah satunya yaitu penjualan sepeda motor Honda. Permasalahan yang dihadapi adalah keputusan pembelian konsumen, yaitu konsumen kesulitan mendapatkan informasi mengenai produk yang ditawarkan. Masalah tersebut diduga penyebabnya adalah promosi dan respon konsumen.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi (variabel XI) dan respon konsumen (variabel X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (variabel Y). Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dimulai dari penyusunan data, tabulasi data hingga tahap pengujian.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis menunjukan bahwa hubungan Promosi dan Respon Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dihasilkan sebesar 0,444. Adapun hasil regresi untuk promosi sebesar 0,428 lebih besar dari pada hasil regresi untuk respon konsumen sebesar 0,368. Pengaruh Promosi dan Respon Konsumen terhadap Keputusan Pembelian sebesar 19,7% dan pengaruh oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini sebesar 80,3%.
Hasil perhitungan Uji Hipotesis F hitung > F tabel yaitu 11.890 > 3,21 sehingga Hoditolak dan Hi diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi dan respon konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, maka perusahaan harus meningkatkan promosi dan respon konsumen untuk menjaga kestabilan jumlah pembeli dan meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: Promosi, Respon Konsumen, Keputusan Pembelian Konsumen
Tidak tersedia versi lain