Text
Pengaruh Atribut produk Pariwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Rizzy Azzahra Waterpark Sukabumi
ABSTRAK
Permasalahan yang ditemukan pada Rizzy Azzahra Waterpark Sukabumi adalah kepuasan konsumen terhadap fasilitas dalam mengakses informasi mengenai objek wisata Rizzy Azzahra Waterpark.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh atribut produk pariwisata terhadap kepuasan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan asosiatif. Teknik analisa data menggunakan pengujian path analysis untuk mengukur pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan pengaruh langsung XI terhadap Y sebesar 8,6%, sedangkan pengaruh tidak langsung melalui X2 sebesar 3,30%, pengaruh tidak langsung melalui X3 sebesar 4,8%. Pengaruh langsung X2 terhadap Y sebesar 4,8%, sedangkan pengaruh tidak langsung melalui X3 sebesar 4,2%. Pengaruh langsung X3 terhadap Y sebesar 9,1%. Maka didapat pengaruh total sebesar 47,2% sedangkan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil perhitungan Uji Hipotesis F hitung > F tabel yaitu 28,644 > 2,14 dan Uji hipotesis secara parsial t-hitung > t-tabel yaitu XI terhadap Y 3,236 > 1,6608, X2 terhadap Y 2,210 > 1,6608 dan X3 terhada Y 2,961 > 1,6608 sehingga Hi diterima dan H0 ditolak. Artinya, atribut produk pariwisata melalui dimensi attraction, accessibility dan aminities terdapat pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan dalam penelitian ini adalah aminities.
Kata Kunci: Atribut Produk Pariwisata, Kepuasan Wisatawan
Tidak tersedia versi lain