Text
Pengaruh promosi dan kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen produk air mineral 2 tang kemasan botol pada PT tang mas Sukabumi
ABSTRAK
PT.Tang Mas Sukabumi merupakan perusahaan yang memperoduksi dan penjualan produk air minumm mineral dalam kemasan. Dengan salah satu produknya yaitu 2Tang. Permasalahan yang dihadapi adalah keputusan pembelian_ konsumen. konsumen kekurangan informasi untuk melakukan pemebelian produk air minum mineral 2Tang kemasan botol. Masalah tersebut diduga penyebabnya adalah promosi dan kemasan.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi (variabel XI) dan Kemasan (variabel X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (variabel Y). Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi. wawancara, kuesioner. dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dimulai dari penyusunan data, tabulasi data hingga tahap pengujian.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis menunjukan bahwa analisis hubungan dari ketiga variabel dihasilkan sebesar 0.413. Adapun pengaruh untuk promosi sebesar 0.130 lebih besar dari pada pengaruh untuk kemasan sebesar 0.119. Koefisien determinasinya 17,1% dan pengaruh oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini sebesar 82.9%.
Hasil perhitungan Uji Hipotesis F hitung > F tabel yaitu 9.976> 2,36 sehingga H0 ditolak dan H, diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi dan kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, maka perusahaan harus meningkatkan promosi dan kemasan untuk menjaga kestabilan jumlah pembeli dan meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kata KunchPromosi, Kemasan, Keputusan Pembelian Konsumen
Tidak tersedia versi lain