KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Jamur
Penanda Bagikan

Text

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Jamur

Mery Esa Kamila - Nama Orang;

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS (Lembar Kerja Siswa), tanggapan dari guru dan siswa, serta efektivitas LKS berbasis discovery learning terhadap sikap ilmiah siswa pada materi jamur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Ciracap berjumlah 25 orang untuk proses uji coba kelayakan LKS, serta siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Surade untuk uji efektivitas LKS yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data dikumpulkan dengan metode wawancara, validasi instrumen dari beberapa validator yaitu ahli bahasa, ahli media, ahli materi, serta ahli keterpaduan aspek discovery learning dan sikap ilmiah serta angket tanggapan guru dan tanggapan siswa untuk mengetahui nilai kelayakan LKS yang dikembangkan, dan analisis dokumen siswa untuk melihat nilai sikap ilmiah siswa. Pelaksanaan penelitian dimulai dengan pembuatan desain LKS discovery learning kemudian divalidasi oleh validator serta dilakukan revisi pertama dilanjutkan dengan proses uji coba dengan melihat hasil kelayakan melalui angket tanggapan guru dan siswa pada SMAN 1 Ciracap serta dilakukan revisi tahap akhir dan dilakukan uji efektivitas pada sekolah SMAN 1 Surade. Berdasarkan nilai hasil pengolahan angket tanggapan guru, LKS yang dikembangkan masuk dalam kategori layak dengan nilai 81,25 % (guru) dan 87,3 % (siswa). Berdasarkan persentase sikap ilmiah dari efektifitas LKS diperoleh hasil persentase 81% termasuk kedalam kriteria baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi jamur efektif dalam mengembangkan sikap ilmiah siswa.


Kata kunci: LKS berbasis discovery learning, Research and Development (R&D), Jamur


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Biologi) H1A 308 MER p 2017
KTI0003402
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1A 308 MER p 2017
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2017
Deskripsi Fisik
ix+56Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
579.5
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pengembangan Lembar Kerja Siswa
Discovery Learning
Materi Jamur
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Billyardi Ramdhan, S.Pd., M.Si Pembimbing II : Aa Juhanda, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?