Text
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Jamur
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS (Lembar Kerja Siswa), tanggapan dari guru dan siswa, serta efektivitas LKS berbasis discovery learning terhadap sikap ilmiah siswa pada materi jamur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Ciracap berjumlah 25 orang untuk proses uji coba kelayakan LKS, serta siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Surade untuk uji efektivitas LKS yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data dikumpulkan dengan metode wawancara, validasi instrumen dari beberapa validator yaitu ahli bahasa, ahli media, ahli materi, serta ahli keterpaduan aspek discovery learning dan sikap ilmiah serta angket tanggapan guru dan tanggapan siswa untuk mengetahui nilai kelayakan LKS yang dikembangkan, dan analisis dokumen siswa untuk melihat nilai sikap ilmiah siswa. Pelaksanaan penelitian dimulai dengan pembuatan desain LKS discovery learning kemudian divalidasi oleh validator serta dilakukan revisi pertama dilanjutkan dengan proses uji coba dengan melihat hasil kelayakan melalui angket tanggapan guru dan siswa pada SMAN 1 Ciracap serta dilakukan revisi tahap akhir dan dilakukan uji efektivitas pada sekolah SMAN 1 Surade. Berdasarkan nilai hasil pengolahan angket tanggapan guru, LKS yang dikembangkan masuk dalam kategori layak dengan nilai 81,25 % (guru) dan 87,3 % (siswa). Berdasarkan persentase sikap ilmiah dari efektifitas LKS diperoleh hasil persentase 81% termasuk kedalam kriteria baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi jamur efektif dalam mengembangkan sikap ilmiah siswa.
Kata kunci: LKS berbasis discovery learning, Research and Development (R&D), Jamur
Tidak tersedia versi lain