Text
implementasi kebijakan tentang retribusi pelayanan pasar dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kota sukabuimi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan publik tentang retribusi pelayan pasar, dengan mengambil judul penelitian "Implementasi Kebijakan Tentang Retribusi Pelayanan Pasar Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Sukabumi"setelah melakukan observasi terlebih dahulu. Dalam pelaksanaannya penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan kebijakan pemungutan dan target realisasi retribusi pelayanan pasar di Kota Sukabumi serta untuk mengetahi faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan pemungutan retribusi pasar di Kota Sukabumi
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimana unit analisis adalah Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi kemudian kedua UPTD Pasar di Kota Sukabumi. Selain dengan melakukan observasi peneliti menggali informasi dengan cara melakukan wawancara terhadap delapan informan terdiri dari Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagan dan Perindustrian Kota Kota Sukabumi, Kepala UPTD Pasar Kota Sukabumi, Penarik Retribusi Dan para pedagang di keempat pasar di Kota Sukabumi. Yang dimana dapat memberikan informasi-informasi lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan kebijakan retribusi pasar di Kota Sukabumi sudah menunjukan hasil cukup baik, dimana kebijakan yang dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Daerah yang sudah dibuat oleh pemerintah daerah tentang retribusi pelayanan pasar di Kota Sukabumi, hal ini dapat dilihat dari aparat yang terlibat dalam pelaksanaan pemungutan retribusi pelayanan pasar di Kota Sukabumi yaitu . Dinas Koperasi, UKM, Perdagan dan Perindustrian Kota Sukabumi, selain itu adanya fasilitas yang digunakan berupa karcis yang diberikan kepada para pedagang pasar yang kemudian tarif retribusi pasar dapat diterima baik oleh para pedagang. Namun masih saja ada para pedagang yang belum memiliki kesadaran akan kewajibannya untuk membayar retribusi sehingga menjadi kendala dalam pelaksanaan kebijakan itu.
Adapun faktor penghambat pada pelaksanaan kebijakan retribusi pelayanan pasar di Kota Sukabumi yaitu penelitian ini menggunakan teori Edward III, terkait dengan empat dimensi menurut Edward III diantaranya adalah Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, struktur birokrasi Yang dimana faktor Komunikasi dan Sumberdaya sangat berpengaruh besar dalam pelaksanaan kebijakan retribusi pelayanan pasar di Kota Sukabumi.
Rata kunci: Implementasi kebijakan, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, Retribusi pelayanan pasar
Tidak tersedia versi lain