Text
Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bojonggenteng dalam Menyelesaian Soal perbandingan Berdasarkan Kesalahan Watson
ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BOJONGGENTENG DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN BERDASARKAN KESALAHAN WATSON
Widi Andriyani 3141311016 ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa berdasarkan kesalahan Watson dan mengetahui alternatif solusi secara teoritik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi perbandingan di kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bojonggenteng. Subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa dengan penentuan subjek menggunkana teknik puprosive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi: Reduksi Data, Penyajian Data, dan penarikan Kesimpulan. Pada validasi data menggunakan Trianggulasi data yakni mcmbandingkan antara hasil tes tertulis siswa dengan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah jenis kesalahan data tidak tepat sebanyak 16,65%. Jenis kesalahan prosedur tidak tepat sebanyak 44,40%. Jenis kesalahan data hilang sebanyak 27,75%. Jenis kesalahan kesimpulan hilang sebanyak 77,70%. Jenis kesalahan konflik level respon sebanyak 72,15%. Jenis kesalahan manipulasi tidak langsung sebanyak 22.20%. Jenis kesalahan masalah hirarki keterampilan sebanyak 44,40% dan jenis kesalahan selain ketujuh kategori diatas yaitu sebanyak 27,75%. Alternatif solusi untuk mengatasi kesalahan siswa adalah 1) Memberikan contoh beserta langkah-langkahnya dalam menyelesaikan soal perbandingan 2) menekankan pemahaman setiap operasi hitung terutama pada perkalian dan pembagian 3) memberikan soal-soal yang beragam 4) Memastikan setiap siswa memiliki pemahaman konsep yang matang terhadap materi yang akan dicapai.
Kata kunci: Analisis Kesalahan, Materi Perbandingan, Jenis Kesalahan Watson
Tidak tersedia versi lain