Text
Hubungan Antara Penguasaan konsep dengan kemampuan memecahkan masalah melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran biologi (Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 kota sukabumi);
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penguasaan konsep dengan kemampuan memecahkan masalah melalui model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Biologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Kota Sukabumi kelas XI IPA 3 dengan jumlah 30 orang semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan desain penelitian bivariat correlation. Untuk menjaring aspek penguasaan konsep siswa dan kemampuan memecahkan masalah digunakan instrumen berupa tes penguasaan konsep dan tes kemampuan memecahkan masalah dalam bentuk pilihan ganda serta angket respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang posit if dan signifikan antara penguasaan konsep dengan kemampuan memecahkan masalah melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Hubungan tersebut dapat dilihat dari hasil pengujian korelasi rhitung sebesar 0,687 menunjukkan terdapat hubungan yang positif sebesar 0,687 antara penguasaan konsep dengan kemampuan memecahkan masalah. Juga dapat dilihat dari hasil perhitungan uji signiflkansi thmmg sebesar 7,217 lebih besar dari nilai ttabei sebesar 2,048 dengan taraf signifikansi a = 0,05 menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara penguasaan konsep dan kemampuan memecahkan masalah dimana koefisien determinasi bernilai sebesar 46,24%.;
Tidak tersedia versi lain