Text
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Di SMA NEGERI 2 Kota Sukabumi
ABSTRAK
SITI MILA KUDSIYAH (3141311006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecaban Masalah Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan 11m u Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Juli 2017. (Dibimbing oleh Eka Novarina, M.Pd dan Hamidah Suryani Lukman, S.Si., M.Pd.)
Dewasa ini, para guru cenderung hanya menyoroti metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Akan tetapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (Mixed Methods) dengan desain Sequential Exploratory (urutan penemuan). Desain sequential eksploratory adalah metode penelitian kombinasi- yang menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif secara berurutan, dim ana pada tahap pertama penelitian menggunakan metode kualitatif dan pada tahap kedua metode kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Teknik pengumpulan data yang iigunakan adalah tes, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima belas faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan —asalah matematikan, yaitu: kesulitan belajar 25%, penguasaan materi 0.49%, kooieks soal 2.25%, pemahaman 0.09%, berfikir panjang 1.69%, belajar sebdumnya 6.76%, ramus 7.84%, sikap (suka/tidak suka) 14.44%, mood 2.56%, nwtivasi 5.76%, perhatian9.61%, rasa malas 9%, respon/tanggapan 7.29%, keikrifan l%dan diskusi 3.24%.
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, Mixed Methods.
Tidak tersedia versi lain