Text
Pengaruh Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2016/2017
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DEDE SUMIATI 3131311002
ABSTRAK
Menulis menipakan salali satu aspek keterampilan dalarn berbahasa. Menulis mempunyai peranan yang sangat penting karena dengan kegiatan menulis seseorang dapat menuangkan ide. gagasan dan pikiran ke dalam bahasa rulis sehingga dapat dibaca oleh khalayak umum. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti terhadap kegiatan menulis pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sukabumi bahwa kemampuan siswa dalam menulis masih kurang. Hal tersebut dikarenakan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis dan beranggapan bahwa kegiatan menulis adalah hal yang sulit. Oleh karena itu sebagai upaya memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan salah satu strategi think talk write (TTW) dalam pembelajaran menulis karangan teks eksposisi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menulis karangan teks eksposisi sebelum menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk Write (TTW) (2) untuk mengetahui kemampuan menulis karangan teks eksposisi sesudah menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk Write (TTW) (3) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think-Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis karangan teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sukabumi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X M1PA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian didapatkan melalui tes pretest dari posttest yang dilakukan di kedua kelas. Hasil pretest kelas eksperimen dengan rata-rata nilai siswa yaitu 56 sedangkan pada posttest yaim 76. Hasil pretest kelas kontrol dengan rata-rata nilai siswa yaitu 54,2 dan pada posttest yaitu 72,6. Berdasarkan Hasil penelitian bahwa strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis posttest dengan menggunakan uji t pada kelas eksperimen dan kontrol didapatkan hasil t hiiung dan t wbei di dalam didtribus t yaim dengan dk = 67, maka diperoleh t UM pada taraf sigmfikansi 5% = 0,05 sebesar 1,671. Sehingga t hiiung — t label (1,87 > 1,671) sehingga Ho ditolak dan H| diterima.
Kata kunci: menulis, strategi pembelajaran think-talk-write (TTW), eksposisi.
Tidak tersedia versi lain