Text
Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Konsep Gerak Tumbuhan Di SMPN 4 Kota Sukabumi;
Peneiitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media animasi terhadap hasil belajar kogniiif siswa pada konsep gerak tumbuhan. Subjek dalam peneiitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Kota Sukabumi Kelas VIII B dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII C dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam peneiitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain peneiitian pretest-postest control group desain. Populasi dalam peneiitian ini diambil tidak secara acak (Nonrandom) dengan teknik Purposive Sampling. Untuk menjaring hasil belajar kognitif siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda serta angket respon siswa terhadap media animasi untuk mendukung hasil peneitian. Hasil peneiitian yang dihitung berdasarkan analisis statistik perbedaan rerata posttest dengan uji-t diperoleh harga thitung = 8,97 dan Uer 1,67 dengan taraf signifikan 0,05 (5%). Sehingga H0 ditolak dan Hi diterima, karena thitung > Wi- Artinya pembelajaran dengan menggunakan media animasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.;
Tidak tersedia versi lain