Text
Pengaruh Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia;
Telah dilakukan penelitian mengenai strategi active knowledge sharing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Indikator hasil kognitif yang diukur antara lain, mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, dan mengevaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Group Control tidak secara random {Nonrandomized Control Group, Pretest-Posstest Design). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Surade dengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 16 butir soal untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan rata-rataposttest kelas eksperimen 83,09 dan kelas kontrol 73,37. Uji hipotesis menggunakan uji-t Hasil uji hipotesis pengaruh strategi Active Knowledge Sltaring terhadap hasil belajar meliputi ranah kognitif diperoleh nilai t-value sebesar 4,095 dan p-value sebesar 0.000. Hasil perhitungan uji t nilai posttest menggunakan SPSS p-value 0,753 > a 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H! diterima. Ini artinya bahwa hasil dari posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.;
Tidak tersedia versi lain