Text
Pengaruh Physical Evidence Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pengujung Pada Hotel Selabintana Conference Resort Sukabumi
ABSTRAK
PT. Hotel Selabintana Conference Resort Sukabumi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa. Dengan jasa yang ditawarkan yaitu pelayanan penginapan hotel dan tempat rekseasi. Permasalahan yang dialami adalah pencapaian loyalitas pengunjung yang tidak maksimal dan mengalami penurunan jumlah pengunjung. Masalah tersebut terjadi karena physical evidence atau bukti fisik yang ada di lingkungan jasa yang tidak sesuai dengan harapan pengunjung Penyebab lain permasalahan tersebut diatas diduga disebabkan kurang terbentuknya citra perusahaan positif yang melekat pada persepsi pengunjung.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Physical Evidence (variabel Xi) dan Citra Perusahaan (variabel X2) terhadap Loyalitas Pengunjung (variabel Y). Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisa data dimuiai dari penyusunan data, tabulasi data hingga tahap pengujian menggunakan teknik korelasi ganda, koefisien determinasi, regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data korelasi antara Physical Evidence dan Citra Perusahaan dihasilkan sebesar 0,705. Adapun koefisien regresi untuk physical evidence produk sebesar 0,150 lebih kecil dari pada koefisien regresi untuk citra perusahaan sebesar 0, 343. Koefisien determinasinya 49.7% dan pengaruh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini sebesar 50,3%. Hasil perhitungan Uji Hipotesis F hitung > F tabel yaitu 47.690 > 4,83 sehingga H: diterima dan Hc ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara -kyiscal evidence dan citra perusahaan terhadap loyalitas pengunjung dan dapat dlberlakukan untuk seluruh anggota populasi.
Kata Kunci: Physical Evidence, Citra Perusahaan, Loyalitas Pengunjung
Tidak tersedia versi lain