Text
Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Studi Kasus terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Penelitian ini dilaksanakan pada Peserta Didik Kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2016/2017)
ABSTRAK
PUTR1 PRAWIDANINGRUM (3141311002). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Studi Kasus terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unrversitas Muhammadiyah Sukabumi, Juli 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model renbelajaran problem posing dengan pendekatan studi kasus, model pembelajaran problem posing, dan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, kemudian untuk mengetahu penerapan model pembelajaran mana yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah aLicerimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok tartrr! :idak ekuivalen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh seseti didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Sukabumi tahun ajaran 2016/2017 acpr. jumlah peserta didik 160. Teknik pengambilan sampel menggunakan acak kelas. Terpilih kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah peserta putri 40 peserta didik kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah peserta didik 40, dan peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan uxr-iT- peserta didik 40. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes 2ar rcservasi. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Data hasil penelitian rar^iits melalui uji Kruskal Wallis II dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil jeae-j'ian. terdapat perbedaan atara model pembelajaran problem posing dengan ^erajk-iian studi kasus. model pembelajaran problem posing, dan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah Tiar.Tr.iiika peserta didik. Model pembelajaran problem posing dengan pendekatan and kasus dan model pembelajaran problem posing lebih baik dari pada model serTceiajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah TUZJT-Liiika. Namun, model pembelajaran problem posing dengan pendekatan studi kasus tidak lebih baik dari model pembelajaran problem posing.
iuci Kunci: Model Pembelajaran Problem Posing, Pendekatan Pembelajaran Studi Kasus, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Tidak tersedia versi lain