Text
Efektivitas Strategi Active Learning Tipe Trading Place Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri & Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2016/2017
EFEKTIVITAS STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE TRADING PLACE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA SUKABUMI
Rani Nurwulan
3131311027
ABSTRAK
Penelitian ini beijudul Efektivitas Strategi Active Learning Tipe Trading terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2016/2017, yang dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam menulis dan penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks biografi sebelum dan sesudah menggunakan Strategi Nctive Learning Tipe Trading Place. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas Strategi Active Learning Tipe Trading Place. Metode penelitian yang digunakan ialah true experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Jumlah sampel sebanyak 73 siswa, sebagai kelompok ekperimen kelas X IPA 4 dan sebagai kelompok kontrol X IPA 1. Instrumen yang digunakan berupa tes menulis teks biografi. Simpulan penelitian ini sebagai berikut, (1) kemampuan menulis teks biografi sebelum menggunkan strategi Active Learning Tipe Trading Place kelompok eksperimen masuk ke dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai 52,24%, rata-rata kelompok kontrol sebagai kelompok pembanding 51,33%, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t yaitu thitung 0,394 < ttabel 1,666, artinya tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa antara kelompok eksperimen dan kontrol.(2) kemampuan menulis teks biografi setelah adanya perlakuan menggunakan Strategi Active Learning Tipe Trading Place mengalami peningkatan yang lebih baik dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 82% dan mengalami perubahan masuk kategori baik, dan rata-rata kelompok kontrol 78,14%. Hal tersebut terbukti dengan hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thinmg > ttabel (2,180 > 1,666). (3) Strategi Active Learning Tipe Trading Place lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan Strategi Active Learning Tipe Trading Place, rata-rata siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakaan Strategi Active Learning Tipe Trading Place lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan Strategi Active Learning Tipe Trading Place. Kenaikan nilai kelompok eksperimen 29,8 dan kenaikan rata-rata nilai kelompok kontrol 26,8. Dibuktikan dengan uji t terdapat perbedaan nilai akhir siswa bahwa thitung > ttabel (2,180 > 1,666).
Kata Kunci: efektivitas, strategi active learning tipe trading place, teks biografi
Tidak tersedia versi lain