Text
Pengaruh Media Charta (Gambar) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Konsep Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan Di SMPN 7 Sukabumi;
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media charta (gambar) terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMPN 7 Kota Sukabumi pada konsep hama dan penyakit pada tumbuhan. Pada penelitian ini empat aspek ranah kognitif yang akan di ukur yaitu CI- C4. Pada penelitian ini menggunakan teknik quasi eksperimen dimana objek hams ditentikan terlebih dahulu, adapun subjek penelitiannya yaitu kelas VIII D (Kelas Eksperimen) dan Kelas VIII «B (Kelas kontrol). Alat yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan memberikan tes soal PG sebanyak 15 soal. Analisis pengumpulan data dilakukan dengan icara menghitung kemunculan mdikator kognitif siswa berupa pemahaman dan pengetahuan dalam bentuk presentase.rnHasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen yang mengguanakan media charta i gambar) lebih baik rata nilainya yaitu 0,38 dengan kategori sedang, sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol lebih rendah yaitu 0,29 dengan kategori rendah. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan cara pengolahan data dengan menggunakan uji W (Wilcoxon) untuk mengetahui perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol . Dari hasil penelitian diketahui Whitung = 56 dan WWi =117 atau Wtabei> Whitung, sehingga Ho ditolak yang artinya media charta (gambar) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.rn;
Tidak tersedia versi lain