Text
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat Berdasarkan Taksonomi Solo
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERDASARKAN
TAKSONOMI SOLO
Risks Amelia
3141311022
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa berdasarkan taksonomi solo dan mengetahui altematif solusi secara teoritik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Fatahillah. Subyek penelitian sebanyak 4 orang siswa dengan penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi : Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Pada validasi data menggunakan Triangulasi data yakni membandingkan antara hasil tes tertulis siswa dengan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa Level Prastruktural sebanyak
12.5 %, Level Unistruktural sebanyak 12,5 %, Level Multistruktural sebanyak
62.5 %, Level Relational sebanyak 12,5 %. Altematif solusi untuk mengatasi kesalahan siswa adalah 1) memberikan contoh beserta langkah-langkahnya dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat 2) menekankan pemahaman operasi hitung terutama perkalian dan pembagian 3) memberikan soal-soal yang beragapi 4) memastikan setiap siswa memiliki pemahaman konsep yang matang terhadap materi yang akan dicapai.
Kants Kunci: Analisis Kesalahan, Segitiga dan Segiempat, Taksonomi Solo.
Tidak tersedia versi lain