KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Keterampilan Apresisasi Sastra Cerita Rakyat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Koopertif JIGSAW
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Keterampilan Apresisasi Sastra Cerita Rakyat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Koopertif JIGSAW

Eneng Siti Nurjanah - Nama Orang;

PENINGKATAN KETERAMPILAN APRESIASI SASTRA CERITA RAKYAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSA W (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V-A SDN Kebon Kawung)
Oleh

Eneng Siti Nurjanah 1431611119
Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email: nsnmensa(wgmail. com


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan apresiasi sastra cerita rakyat pada siswa kelas V-A pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dikarenakan kurangnya rasa percaya diri siswa. Adapun tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan apresiasi sastra materi cerita rakyat pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Hopkins sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilengkapi dengan pengumpulan data berupa hasil tes apresiasi sastra cerita rakyat, hasil dokumentasi, lembar observasi dan Catalan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 37 orang terdiri dari 18 perempuan dan 19 laki-laki. Hasil penelitian pada pretest siswa memperoleh ketuntasasn klasikal 19% (6 orang), meningkat pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 57% (21 orang) dan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 100% (37 orang). Penelitian ini menyimpulkan bairwa menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keterampilan apresiasi sastra cerita rakyat pada kelas V-A di SDN Kebon Kawung Cicurug tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Apresiasi Sastra, Cerita Rakyat, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw


Ketersediaan
#
GUDANG (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) H1F 0001 ENE p 2018
KTI0004036
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Gudang
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 0001 ENE p 2018
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2018
Deskripsi Fisik
x+96 Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Warna Cover tidak Standar
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Arsy Rizqia Amalia, M.Pd; Pembimbing II : Dyah Lyesmaya, S.S., M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?