Text
Peningkatan Keterampilan Apresisasi Sastra Cerita Rakyat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Koopertif JIGSAW
PENINGKATAN KETERAMPILAN APRESIASI SASTRA CERITA RAKYAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSA W (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V-A SDN Kebon Kawung)
Oleh
Eneng Siti Nurjanah 1431611119
Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email: nsnmensa(wgmail. com
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan apresiasi sastra cerita rakyat pada siswa kelas V-A pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dikarenakan kurangnya rasa percaya diri siswa. Adapun tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan apresiasi sastra materi cerita rakyat pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Hopkins sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilengkapi dengan pengumpulan data berupa hasil tes apresiasi sastra cerita rakyat, hasil dokumentasi, lembar observasi dan Catalan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 37 orang terdiri dari 18 perempuan dan 19 laki-laki. Hasil penelitian pada pretest siswa memperoleh ketuntasasn klasikal 19% (6 orang), meningkat pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 57% (21 orang) dan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 100% (37 orang). Penelitian ini menyimpulkan bairwa menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keterampilan apresiasi sastra cerita rakyat pada kelas V-A di SDN Kebon Kawung Cicurug tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Apresiasi Sastra, Cerita Rakyat, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Tidak tersedia versi lain