Text
Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbasis Etnosains terhadap kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Konsep Pencemaran Lingkungan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP pada konsep pencemaran lingkungan, Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan menggunakan teknik Pusposive Sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbasis etnosains dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalenl Control Croup Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Kota Sukabumi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk soal pilihan ganda 10 butir soal dengan indikator kemampuan berpikir kritis meliputi: (1) memfokuskan pertanyaan, (2) menganalisis pertanyaan, (3) bertanya dan menjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan, (4) mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak, serta (5) mengobservasi dan mempertimbangkan suatu laporan hasil observasi. Angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbasis etnosains yang digunakan sebanyak 10 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,71 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,27. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan Whitung = 0,06 < Wtabel= 95,36 maka H0 ditolak dan Hi diterima. Simpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbasis etnosains dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII pada konsep pencemaran lingkungan. Selain itu peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbasis etnosains.
Kata Kunci: Etnosains, Model SSCS, Kemampuan Berpikir Kritis
Tidak tersedia versi lain