Text
Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar
PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
ABSTRAK
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik kelas IV-A pada pembelajaran IPS, dikarenakan kurangnya proses pembelajaran yang membangkitkan keterampilan berpikir kreatif pada diri peserta didik. Adapun tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran sosiodrama dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Hopkins sebanyak 2 siklus. Penelitian ini mencakup pengumpulan data berupa hasil tes, hasil dokumentasi, lembar observasi dan catatan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 34 orang terdiri dari 20 perempuan dan 14 laki-laki. Hasil penelitian pada pretest siswa memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 3 orang (8,81%), meningkat pada siklus I memperoleh ketuntasan 25 orang (73,53% ) dan pada siklus II memperoleh ketuntasan 34 orang (100%). Adapun hasil penelitian penerapan metode sosiodrama pada ketuntasan semua aspek indikator keterampilan berpikir kreatif terdiri dari keaslian, kelancaran, keluwesan dan elaborasi. Peningkatan ini dilihat dari jawaban peserta didik, pada pretest mencapai ketercapaian 50,53 meningkat pada siklus I mencapai ketercapaian 70,83 dan pada ketercapaian siklus II menjadi 87,46. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menerapkan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kelas IV-A di SDN Pintukisi Kota Sukabumi tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Metode Pembelajaran Sosiodrama.
Tidak tersedia versi lain