KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar

Neng Resti Puspitasari - Nama Orang;

PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
ABSTRAK
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik kelas IV-A pada pembelajaran IPS, dikarenakan kurangnya proses pembelajaran yang membangkitkan keterampilan berpikir kreatif pada diri peserta didik. Adapun tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran sosiodrama dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Hopkins sebanyak 2 siklus. Penelitian ini mencakup pengumpulan data berupa hasil tes, hasil dokumentasi, lembar observasi dan catatan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 34 orang terdiri dari 20 perempuan dan 14 laki-laki. Hasil penelitian pada pretest siswa memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 3 orang (8,81%), meningkat pada siklus I memperoleh ketuntasan 25 orang (73,53% ) dan pada siklus II memperoleh ketuntasan 34 orang (100%). Adapun hasil penelitian penerapan metode sosiodrama pada ketuntasan semua aspek indikator keterampilan berpikir kreatif terdiri dari keaslian, kelancaran, keluwesan dan elaborasi. Peningkatan ini dilihat dari jawaban peserta didik, pada pretest mencapai ketercapaian 50,53 meningkat pada siklus I mencapai ketercapaian 70,83 dan pada ketercapaian siklus II menjadi 87,46. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menerapkan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kelas IV-A di SDN Pintukisi Kota Sukabumi tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Metode Pembelajaran Sosiodrama.


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) H1F 0015 NEN p 2018
KTI0004172
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 0015 NEN p 2018
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2018
Deskripsi Fisik
xiii+76 Hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
Drama
Sekolah Dasar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Arsyi Rizqia Amalia, M.Pd; Pembimbing II : Asep Munajat, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?