Text
Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan (Studi Kasus pada CV. Hasil Sayur Indonesia)
ABSTRAK
Andrik Kurniawan (1430611102) Universitas Muhammadiyah Sukabumi,
Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Biaya Pemasaran Terhadap
Penjualan. ( Pembimbing Ibu Evi Martaseli, SE., M.Ak dan Bpk Elan Eriswanto,
S.E., M.M).
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris mengenai
Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Biaya Pemasaran Terhadap
Penjualan pada CV. Hasil Sayur Indonesia (HSI)
Metode penelitian yang digunakan adalah metode assosiatif yaitu untuk
mengetahui pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini yaitu laporan
keuangan CV. HSI. Sampel ditentukan dengan probability sampling sebanyak 36
Laporan Biaya Produksi, Laporan Biaya Pemasaran, Laporan Penjualan CV. HSI
selama 2015-2017. Sumber data yang digunakan berupa Laporan keuangan yang
diperoleh darir Perusahaan. Teknikanalisis data menggunakan uji hipotesis dengan
menggunakan SPSS 24.
Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa biaya tenaga
kerja langsung berpengaruh signifikan terhadap penjualan, Biaya pemasaran
berpengaruh negatif terhadap Penjualan. Begitu juga hasil pengolahan data secara
bersama-sama antara Biaya Tenanaga Kerja Langsung dan Biaya Pemasaran
berpengaruh signifikan, dapat dilihat dari hasil nilai F hitung > F tabel yaitu 5.868
> 3,276 dan nilai signifikansi (Sig) .007 < 0,05 denganhasil R square 0,262 atau
26,2%. Yang berarti 26,2 % Penjualan dipengaruhi oleh Biaya Tenaga Kerja
Langsung dan Biaya Pemasaran. Sedang kansisanya 73,8% dipengaruhioleh
faktor lain.
Kata kunci: Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Pemasaran, Penjuaan
Tidak tersedia versi lain