KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Nilai-nilai Didaktis pada Tokoh dalam Novel Matilda Karya Roald Dahl
Penanda Bagikan

Text

Nilai-nilai Didaktis pada Tokoh dalam Novel Matilda Karya Roald Dahl

Muhamad Panji - Nama Orang;

ABSTRAK
Judul penelitian ini adalah “Nilai-Nilai Didaktis Pada Tokoh dalam Novel Matilda
Karya Roald Dahl”. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan karakteristik
tokoh dan penggambaran nilai-nilai didaktis pada tokoh dalam novel Matilda.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskripttif analisis dengan pendekatan
pragmatis. Teori yang digunakan yaitu teori tokoh dari Abrams (1999),
Nurgiyantoro (2013), Reader dan Woods (dalam Aziez, 2010). Adapun untuk
untuk teori karakterisasi berasal dari Jones (dalam Nurgiyantoro, 2013),
Nurgiyantoro (2013), Panggabean dan Prasetyo (2008) serta teori nilai didaktis
didapat dari Aminuddin (2009), Endeh (2017), Fitriani (2017), Jones (dalam
Nurgiyantoro, 2013), Nurmalasari (2017), dan Semi (1993). Berdasarkan hasil
penelitian, ditemukan empat tokoh yang memunculkan nilai didaktis yaitu Matilda
dengan karakter penasaran, mandiri, cerdas, kritis, pemberi hukuman, dan
penolong, tokoh Mr Wormwood dengan karakter kurang peduli, penipu, egois
pemarah, tokoh Miss Honey dengan karakter pendiam/pengertian, jeli, tidak
mudah putus asa, sederhana, dan tokoh Miss Trunchbull yang memiliki karakter
seram, pembenci anak kecil, egois dan kejam. Kemudian, ditemukan lima jenis
nilai didaktis melalui para tokoh yaitu nilai didaktis akhlak berupa berperilaku
baik, nilai didaktis kecerdasan berupa kemampuan berbicara, membaca,
aritmatika, berpikir kritis dan kreatif, nilai didaktis sosial berupa bertanggung
jawab, sikap toleransi, hak dan tanggung jawab, nilai didaktis kemandirian berupa
sikap mandiri, dan nilai didaktis kesabaran berupa tidak mudah putus asa.
Kata kunci: Tokoh, Karakterisasi, Nilai Didaktis.


Ketersediaan
#
My Library (Sastra Inggris) E1A 298 MUH n 2018
KTI0004270
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E1A 298 MUH n 2018
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2018
Deskripsi Fisik
xii+78 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
823
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Novel Inggris
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Dr. Fenty Sukmawaty, S.S, M.Hum.; Pembimbing II : Ramdan Sukmawan, S.S., M.Hum.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?