Text
Nilai-nilai Didaktis pada Tokoh dalam Novel Matilda Karya Roald Dahl
ABSTRAK
Judul penelitian ini adalah “Nilai-Nilai Didaktis Pada Tokoh dalam Novel Matilda
Karya Roald Dahl”. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan karakteristik
tokoh dan penggambaran nilai-nilai didaktis pada tokoh dalam novel Matilda.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskripttif analisis dengan pendekatan
pragmatis. Teori yang digunakan yaitu teori tokoh dari Abrams (1999),
Nurgiyantoro (2013), Reader dan Woods (dalam Aziez, 2010). Adapun untuk
untuk teori karakterisasi berasal dari Jones (dalam Nurgiyantoro, 2013),
Nurgiyantoro (2013), Panggabean dan Prasetyo (2008) serta teori nilai didaktis
didapat dari Aminuddin (2009), Endeh (2017), Fitriani (2017), Jones (dalam
Nurgiyantoro, 2013), Nurmalasari (2017), dan Semi (1993). Berdasarkan hasil
penelitian, ditemukan empat tokoh yang memunculkan nilai didaktis yaitu Matilda
dengan karakter penasaran, mandiri, cerdas, kritis, pemberi hukuman, dan
penolong, tokoh Mr Wormwood dengan karakter kurang peduli, penipu, egois
pemarah, tokoh Miss Honey dengan karakter pendiam/pengertian, jeli, tidak
mudah putus asa, sederhana, dan tokoh Miss Trunchbull yang memiliki karakter
seram, pembenci anak kecil, egois dan kejam. Kemudian, ditemukan lima jenis
nilai didaktis melalui para tokoh yaitu nilai didaktis akhlak berupa berperilaku
baik, nilai didaktis kecerdasan berupa kemampuan berbicara, membaca,
aritmatika, berpikir kritis dan kreatif, nilai didaktis sosial berupa bertanggung
jawab, sikap toleransi, hak dan tanggung jawab, nilai didaktis kemandirian berupa
sikap mandiri, dan nilai didaktis kesabaran berupa tidak mudah putus asa.
Kata kunci: Tokoh, Karakterisasi, Nilai Didaktis.
Tidak tersedia versi lain