Text
Hubungan Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa dengan Self-Efficacy Berbasis Gender pada Praktikum Pencemaran Air
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kemampuan kognitif dan motivasi belajar siswa dengan self-efficacy berbasis gender pada praktikum pencemaran air dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA Tahun ajaran 2017-2018 di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi. Data diperoleh menggunakan isntrumen berupa soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif siswa, dan angket untuk mengukur self-efficacy dan motivasi belajar siswa. Hasil menunjukkan bahwa hasil posttest pada siswa perempuan sebesar 59,16 sedangkan siswa laki-laki sebesar 56,33, skor angket motivasi belajar pada siswa perempuan sebesar 63,44 sedangkan pada siswa laki-laki sebesar 62,53, dan skor angket self-efficacy pada siswa perempuan diperolah hasil sebesar 70,78 sedangkan pada siswa laki-laki sebesar 69,87. Berdasarkan hasil tersebut kemudian dilakukan uji korelasi, yang dimana ketiga data tersebut harus dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji linieritas dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20.0 for windows. Pada uji normalitas dan uji linieritas siswa perempuan dan siswa laki-laki menunjukkan bahwa keduanya berdistribusi normal serta linier. Selanjutnya dilakukan perhitungan koefisien korelasi r1 dan r2 dengan menggunakan perhitungan pearson, dan melakukan perhitungan korelasi ganda dan hasil yang didapat pada siswa perempuan sebesar 0,641 dan pada siswa laki-laki sebesar 0,659 dengan taraf interpretasi korelasi keduanya berada pada taraf kuat, yang artinya menolak H0 dan menerima Ha, yaitu terdapat hubungan antara kemampuan kognitif dan motivasi belajar siswa dengan self-efficacy berbasis gender. Berdasarkan hasil yang diperoleh self-efficacy yang dimiliki siswa perempuan dengan siswa laki-laki tidak berbeda signifikan.
Kata kunci: self-efficacy, gender, kemampuan kognitif.
Tidak tersedia versi lain