Text
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Flipped Classroom terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA pada Materi Perubahan Lingkungan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Flipped Classroom terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa SMA. Pengambilan sampel penelitian dengan cara Purposive Sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dari guru Biologi. Kelas eksperimen diberlakukan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Flipped Classroom dan kelas kontrol menggunakan Discovery Learning. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitian kelas X IPA 4 dan X IPA 6 SMA Negeri 1 Kota Sukabumi. Desain penelitian dengan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan memecahkan masalah berbentuk soal esai yang terdiri dari 6 indikator yaitu mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, menganalisis masalah, memecahkan masalah berdasarkan data, memilih cara memecahkan masalah, merencanakan penerapan masalah. dan angket respon siswa terhadap model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Flipped Classroom Terdiri dari 4 indikator. Teknik Pengumpulan Data menggunakan tes Kemampuan Memecahkan Masalah dan Angket siswa. Statistik uji Z digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Berdasarkan perhitungan uji Z tersebut, Zhitung = 13,883 > Ztabel(0,05) = 1,994 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berbeda secara signifikan antara kelas dengan PBL berbantuan Flipped Classroom dengan pembelajaran Discovery Learning. Respon siswa terhadap model PBL berbantuan Flipped Classroom menanggapi positif dengan hasil kriteria keseluruhan respon menjawab setuju. Jadi kesimpulannya, penggunaan model PBL berbantuan Flipped Classroom memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Flipped Classroom, Kemampuan Memecahkan Masalah.
Tidak tersedia versi lain